Thursday, 23 March 2017

[Resensi] Kisah Cinta Seorang Miliarder

Dimuat di Harian Singgalang, Minggu 12 Maret 2017 


Judul               : Crazy Rich Asians
Penulis             : Kevin Kwan
Penerbit           : Gramedia     
Cetakan           : Pertama, Juni 2016
Tebal               : 480 hlm
ISBN               : 978-602-03-1443-3
Peresensi         : Ratnani Latifah


Novel ini berkisah tentang jalinan hubungan asmara antara Rachel Chu, seorang dosen ekonomi keturunan Cina dengan Nicholas Young seorang anak miliarder dari daratan Cina di Singapura. Sebuah kisah cinta dengan berbagai intrik yang menarik, seru, mendebarkan dan sesekali ada humor yang menjadi kisah ini semakin berwarna.  Penulis mengemas cerita dengan memikat dan seru.

Kisah dimulai dengan ajakan Nicholas kepada Rachel untuk menghabiskan musim panas bersama di Asia—tepatnya di Singapura, tempat kelahiran Nicholas.  “Rachel, aku akan senang jika kau ikut, kau tidak berencana untuk mengajar musim panas ini, jadi apa yang dikhawatirkan?”  (hal 23).  Meski sempat ragu, akhirnya Rachel memutuskan untuk ikut. Mereka toh sudah dua tahu menjalin hubungan. Mungkin ini merupakan sinyal yang baik bagi hubunga mereka. Begitulah anggapan Rachel.

Di sisi lain, ternyata tanpa sengaja ada seseorang  yang mengenal jati diri Nicholas yang sebenarnya dan  mendengar percakapan antara  Rachel dan Nicholas di New York, tentang rencana mereka. Orang itu  langsung menyebar gosip bahwa Nicholas akan membawa pulang seorang gadis ke Singapura.  Di sinilah Eleanor Young—ibu Nicholas, yang mendengar kabar itu cukup terguncang. Dia tidak percaya anaknya memiliki pacar, apalagi berasal taiwan yang konon terkenal gila harta. Dan dia harus melindungi putranya.

Di sinilah  masalah mulai timbul. Ketika Nicholas dan Rachel menyiapkan kedatangan mereka ke Singapura. Eleanor  menyusun rencana sendiri untuk menyelidiki latar belakang gadis yang dikencani putra semata wayangnya itu—bahkan dia menyewa seorang detektif.  Dia tidak ingin memiliki menantu sembarangan.   Sudah semestinya wanita yang masuk dalam keluarga Young itu harus sederajat.  Dan pada posisi Rachel, ketika akhirnya sampai di Singapura dia dikejutkan dengan berbagai hal yang tidak terduga. Dia teramat terkejut ketika akhirnya memasuki dunia Nicholas yang tidak pernah dia bayangkan sebelumnya.   Apakah dia bisa beradaptasi dengan semua itu? Belum lagi seseorang di masa lalu Nicholas muncul. Begitu juga terbukanya masa lalu Rachel yang tidak pernah diduga gadis itu. Tentang jati diri serta rahasia masa lalu ibunya.

Membaca novel ini kita akan tersedot pada dunia lain kehidupan para miliarder yang penuh gemerlap. Tentang persaingan kekayaan, kehidupan yang glamor, kemunafikan serta intrik-intrik lain yang tidak terduga. Penulis dengan sempurna menggambarkan friksi antara golongan orang kaya lama dan orang kaya baru. Serta antara Cina Perantauan dan Cina Daratan.

Diceritakan dengan gaya bahasa yang renyah dan menarik, serta terjemahan yang mudah dipahami, membuat kita merasa nyaman ketika membaca.  Hanya saja ketika membaca novel ini, kita harus siap mengenal sederet nama yang ikut menjadi tokoh penting dalam keluarga miliarder ini. 

Selain ada kisah cinta antara Rachel dan Nicholas ada juga kisah cinta Astrid sepupu Nicholas yang tidak kalah menarik untuk diketaui kisahnya. Pada beberapa bagian dalam buku ini masih ditemukan kesalahan tulis, tapi itu tidak mengurangi keasyikan buku ini.

Membaca novel ini saya jadi memahami, kebahagiaan itu bukan hanya masalah memiliki harta yang melimpah, tapi ketika kita bisa menjadi diri sendiri dan hidup bahagia dengan cara kita sendiri dengan penuh keikhlasan.

Srobyong, 5 Maret 2017 

4 comments:

  1. Buku yang menarik. Mengulas kehidupan keluarga kaya. Bakal samakah dengan film Fifthy Shade of Gray, yg karakternya kaya banget?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ini menarik. Beda Mas sama Fifthy Shade of Gray.

      Delete