Tuesday, 4 August 2015

[Review] Melangkah Menuju Rahmat Ilahi





Judul Buku                  : Ramadhan In Love
Penyusun                     : Riawani Elyta
Penulis                         : Linda Satibi, Rena Puspa, dkk
Penerbit                       : Indiva, Solo
Tahun Terbit                : Rajab 1436/ Mei 2015
Halaman                      : 152
ISBN                           : 978-602-1614-66-2
Harga                          : 25.000

Ramadhan hadir dengan segala rahmat yang menyertainya. Akan sangat disayangkan jika bertemu Ramadhan, namun kita menyia-nyiakannya. Karena itu buku Ramadhan in Love ini mengupas tentang apa yang perlu disiapkan ketika Ramadhan datang. Buku yang ditulis sebelas penulis semoga bisa memberi motivasi untuk melangkah lebih baik menuju Rahmat Ilahi.

Membuka halaman pertama, temukan bagaimana persiapan untuk hal yang luar biasa karena kita akan menyambut Ramadhan. 

Persiapaan apa saja yaang perlu kita lakukan untuk menyambut Ramadhan? Kalau menurut Mas Arul Candra, 1. Persiapaan Spiritual,  2. Persiapan peengetaahuan dan 3. Persiapan Fisik. Untuk lebih jelasnya nanti diintip sendiri ya.

Melaju pada langkah berikutnya kita akan membuka sejarah. Bagaimana kita menjadi semangat menyambut Ramadhan lewat catatan sejarah.  Apa saja yang terjadi di zaman dulu? Yang bisa kita contoh tentang semangat juang, konsistensi berpegang teguh pada nilai-nilai kebenaran Islam.  

Catatan sejarah yang dipaparkan Mbak Linda Satibi sungguh syarat makna yang akan membuka wawasan juga semangat juang untuk meneladani sikap Rasul dan para sahabat.

Persiapan sudah membuka sejarah pun sudah, kini saatnya belajar mengulang kembali tentang Fiqih puasa yang notabene sangat cocok untuk memulai persiapan puasa. Kita akan diajak untuk memahami konsep puasa yang baik sesuai dengan pembelajaran fiqih.   H. R. Umar Faruq menjelaskannya dengan sangat detail hingga kita akan mudah memahaminya. Dimulai dari dari syarat hingga ketika kita menentukan awal Ramadhan. Wow, Gudang ilmu tentang puasa ada di sini. Simak saja dan dapatkan ilmunya. Hanya delapan halaman namun isinya menakjubkan. 

Ada juga kiat-kiat puasa agar tak sekedar merasa lapar dahaga. Ini tips jitu dari Mbak Sarah Amijaya.  Tipsnya bisa diintip di halaman 55. 

Lanjut lagi ke halaman berikutnya. Kali ini tentang enaknya bangun sahur tanpa ada rasa malas dan rasa-rasa yang lain yeng berkeliaran. Buka halaman 81  Mbak Vina Syarief membagi cerita di sana. 

Kalau ingin tahu  bagaimana meraup manfaat dan kebaikan saat berbuka puasa. Maka pas sekali untuk membuka halaman 91  Mbak Rukhaniyah memaparkannya dengan apik. Selain manfaat yang dipaparkan pun ada jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi saat berbuka. Ada juga tentang kegiatan positif selam Ramadhan. 

Rasanya membahas puasa memang tidak ada habisnya. Tapi ingat di bulan Ramadhan kita bukan hanya berpuasa saja ada kan kegiatan ibadah lain yang juga syarat pahala.  Salah satunya bisa ditemukan di halaman 101. Kita akan diajak berselancar tentang keutamaan Shalat Tarawih oleh Mbak Kazuhana El Ratna Mida. Apa sih enaknya shalat tarawih hingga sayang untuk ditinggalkan? Cek sendiri saja, ya.

Melangkah ibadah selanjutnya itu tentang tadarus dan menjemput malam lailatu qadar. Keutmaan tadarus dijelaskan dengan gamblang oleh Mbak Rukhaniyah dan bagaimana kita bisa menjemput lailatur qadar Mbak Kania Ningsih berbagi tips untuk bisa kita teladani.

Pokonya dijamin tidak rugi membaca buku ini. Motivasi meraih pahala tinggi. Selain beberapa yang sudah dipaparkan masih ada tulisan lain yang tidak kalah cetar dalam berbagi ilmu untuk mengisi bulan Ramadhan.

Srobyong, 4 Agustus 2015.

6 comments:

  1. wihhh templatennya amazing mbak....
    Sukses ya, reviewnya, mbak.e ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, sukses juga buat Rohma. :)

      Naksir template--nya ya hheh. Lagi keserang jepeng n korea jadi cari-cari yang mirip malah curcol abaikan hehhh

      Delete
    2. heee.... iya mbak... nha template sekarang udh lebih fressh, mbak...
      suka bnget ngeliatnya nya mbak.. apalagi bca isinya... (Y)

      gapapa curhat mbak, malahan aku jga msih bngung cri template yg pas, mbak :D

      Delete
  2. Wah, Mba Ratna keren resensinya nih

    Mau dund dibikinin resensi juga buat Berita Dari Langit nya

    Hehwheheee

    ReplyDelete
  3. Terima kasih, Mbak Anggarani ^_^. Masih latihan nih.

    Insya Allah, Mbak. Baru proses untuk membuat resensi memang Mbak. Dan Berita dari Langit udah masuk list :)

    ReplyDelete